Review Sony Xperia X Compact

Sony Xperia X Compact di 2020, apakah masih layak?

Kini sudah tahun 2020, tren smartphone tidak jauh dari layar fullview, notch, baterai besar, kamera lebih dari satu, dll. namun IDN Gadget akan coba mereview kembali smartphone yang sudah lama dirilis yaitu Sony Xperia X Compact, untuk melihat bagaimana kemampuannya saat digunakan di tahun 2020, apakah masih worth it untuk dibeli?.

sekedar info device yang di test merupakan unit japan (docomo).

Desain

Smartphone ini sebenarnya merupakan versi mini dari Sony Xperia X. Namun dari segi desain lebih mengikuti desain Sony Xperia XZ dari bentukan kamera dan desain kotaknya, tetapi material premium di Xperia XZ tidak diturunkan ke smartphone ini sehingga hanya menggunakan bodi plastik glossy yang gampang lecet. Bodinya sendiri memiliki ketebalan 9.5 mm dan berat 135 g.

Layar

Dirilis tahun 2016 smartphone ini tentunya belum memiliki layar trendy seperti sekarang, rasionya masih 16:9 ukuran 4.6 inch IPS LCD, resolusi HD, dan dilindungi Gorilla Glass 4. kekurangan di layar smartphone ini hanya di ukuran dan blm 18:9 atau layaknya smartphone jaman now, tetapi hal ini kembali lagi ke kalian apakah layar seperti smartphone keluaran baru merupakan hal penting.

Hardware

Smartphone ini menggunakan chipset Snapdragon 650, GPU Adreno 510, Ram 3GB dan Rom 32GB. diatas kertas tentunya smartphone ini masih bisa dikatakan layak untuk digunakan di 2020, OS yang digunakan bisa sampai Android 8.0 Oreo (walau ketinggalan tapi gk jauh banget lah ya :D).

dengan spesifikasi seperti itu dan layar hanya beresolusi HD smartphone ini tidak ada masalah sama sekali dalam hal performa, dan sektor GPU juga sudah sangat cukup untuk memainkan game sekarang di settingan grafis Low-High tergantung game (sebagai perbandingan smartphone ini bisa memainkan PUGB di settingan Balance-medium dengan gameplay yang masih playable).

Sensor di Smartphone ini juga sudah lengkap kecuali temperature sensor seperti umumnya. port yang digunakan tentunya sudah Type-C sehingga tidak perlu takut terbalik.

Dan untuk keamanan ada fitur fingger print.

Spesifikasi lengkap bisa anda baca disini

Baterai

Sektor baterai, smartphone ini memiliki ukuran 2700mAh, memang terlihat kecil namun dalam pemakaian normal bisa mendapatkan SOT kurang lebih 5 jam-an saat dipakai seharian medsos dan youtube tanpa game dengan jaringan wifi, ketahanan baterai tentunya tergantung kondisi dan pemakaian smartphone teman-teman untuk apa.

walau baterainya kecil, justru memberi kelebihan dalam hal pengecasan. Didukung Quick Charge 3.0 18W dan baterai kecil, lama pengecasan bisa dikurangi.

Kamera

Beresolusi 23MP dan ditemani sensor RGB, Laser Auto Focus, dan tentunya flash, hasil dari kamera smartphone ini terbilang masih bisa bersaing dengan smartphone mid range keluaran baru sekarang.

Foto

Tidak oversharpness dan warna natural, untuk detail juga tidak mengecewakan dan dynamic range masih bagus. Hanya saja memang aplikasi kameranya cuma menyediakan fitur standar dan manual mode saja serta tambahan app seperti AR dinosaurus dan teman-temannya yang familiar di smartphone Sony.

Berikut beberapa sample foto :

Jika kurang puas dengan kemampuan lowlight pada mode auto, bisa coba manual mode. Salah satu contoh sample dengan manual mode pada malam hari

Video

untuk video di app bawaan bisa sampai Full HD 60fps, dan tentunya sudah ada SteadyShot yang menurut IDN Gadget sering lebih baik dari OIS pada smartphone mid range sekarang yang terkadang videonya seperti jelly.

kamera depan beresolusi 5MP yang intinya tidak cocok untuk selfie mania, karena hasilnya apa adanya. dan mendukung video Full HD 30fps.

Hasil Foto lain Bisa Dilihat Disini dan video disini (sudah melalui proses edit)

Konektifitas

Smartphone ini sudah mendukung jarinya 4G dan 4G+ ,HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A Cat6 300/50 Mbps.

IP68

Smartphone ini sudah tersertifikasi IP68, namun jika anda membeli unit bekas tidak ada jaminan bahwa IP68 nya masih berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Kelebihan :

  • ketahan baterai bagus (untuk ukuran 2700mAh tentunya)
  • kamera bagus
  • kualitas layar
  • dua speaker hadap depan
  • ukuran kecil
  • performa masih bagus

kekurangan :

  • baterai kecil untuk 2020
  • sangat susah mencari unit baru dan versi global di indonesia

Layak untuk dibeli jika pertimbangan teman-teman :

  • Butuh seken hp murah namun spesifikasi tinggi (japan version).
  • ingin kamera yang bagus diharga -1jt (japan version).
  • tidak memikirkan trend layar besar, dll.
  • butuh hp kecil
  • baru ingin mencoba android
  • untuk main game

Itu saja review singkat Sony Xperia X Compact, jika ada yang kurang boleh teman-teman tambahkan di komentar.

Baca artikel lainya disini

Leave a comment